Tim Robot Fakultas Teknik Untan Siap Ikuti Lomba Kontes Robot Indonesia 2017

Tim Robot Fakultas Teknik Untan Siap Ikuti Lomba Kontes Robot Indonesia 2017

Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura akan mengikuti lomba kontes Robot Indonesia 2017 pada tanggal 18-20 Mei mendatang di Universitas Telkom Bandung.

Ketua Tim Robot Fakultas Teknik Untan, Desisius Gumilar, menjelaskan, ada dua robot yang akan dipertandingkan pada kontes tersebut, yaitu Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPA Indonesia) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Dia menjelaskan, robot yang beroda yang diberi nama Gagak Borneo tersebut nantinya akan mengejar bola dan menendang bola ke arah gawang yang sudah ditunggu robot lainnya.

“Nanti robot akan beraksi mengejar bola dan menendang bola, yang sudah ditunggu oleh penjaga kipar,” jelasnya, Senin (15/5).

Sedangkan robot berkaki yang ia beri nama Terigas nantinya akan menyusuri lorong atau kotak-kotak kemudian mencari api lalu dipadamkan setelah itu kembali ketempat semula.

Beberapa robot tersebut akan difungsikan dengan menggunakan sensor kamera.

Desisius mengatakan, tim inti dari perlombaan robot tersebut ada enam orang yang akan turun dan dibagi menjadi dua, yaitu empat orang untuk robot yang beroda dan dua orang untuk robot yang berkaki.

Menurutnya, kegiatan kontes robot telah diikuti dari tahun 2012 lalu dan ini merupakan yang kelima kalinya.

“Pada tahun 2014 pernah mendapatkan beberapa prestasi, yaitu juara dua nasional dengan mengikuti kontes robot pemadam api berkaki,” ujarnya.

(Maulidi/Muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *