Mat Jelangor Isi PKKMB Fakultas Teknik Untan

Mat Jelangor Isi PKKMB Fakultas Teknik Untan

Mat Jelangor tampil berbicara di hadapan mahasiswa baru Fakultas Teknik Untan selama lebih kurang satu jam lamanya pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2017. Suasana begitu hangat dan semarak dengan riuhnya tepuk tangan dan tawa para mahasiswa baru setiap kali Mat Jelangor berseloroh dan menyampaikan pendapat dan argumentasinya yang kerap diselingi dengan pantun.

Namun siapakah Mat Jelanggor ? Ia adaah Ir Baskoro Effendi, alumni Fakultas Teknik Untan yang sangat populer tidak saja di kalangan alumni Fakultas Teknik Untan, bahkan di kalangan keluarga besar alumni Untan hingga masyarakat Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.

Mat Jelangor sendiri adalah nama yang digunakan oleh Baskoro Effendi dalam menyampaikan tulisannya di Harian Pontianak Post, karena ia juga seorang kolumnis. Sosok Baskoro Effendi amat dekat dengan dunia mahasiswa khususnya di kalangan mahasiswa Fakultas Teknik Untan, ia belajar di FT Untan Tahun 1977. Baskoro Effendi pernah menjadi Ketua Senat Mahasiwa FT Untan periode Tahun 1979 – 1981, setelah sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Senat Mahasiswa dari Tahun 1977 – 1979.

Pada Periode yang sama, 1977 – 1979 ia juga mengemban Sekretaris Mapala FT Untan. Baskoro juga aktif dalam Badan Kerjasama Kodam XII Tanjungpura dengan Universitas Tanjungpura dan menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum pada Tahun 1980-1981. Ia juga adalah mahasiswa teladan FT Untan selama 2 tahun berturut-turut, yaitu Tahun 1980 dan 1981. Baskoro pernah menjadi Ketua Umum Mapala Untan dari Tahun 1981-1983. Pada Tahun 1983 – 1985 Baskoro pernah menjadi asisten dosen di FT Untan. Baskoro juga aktif di LEMKARI dan pernah menjadi Sekretaris Umum pada Tahun 1983-1986. Saat ini Baskoro Effendi menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Propinsi Kalimantan Barat (LPJK Propinsi Kalbar).

“Melihat rekam jejaknya selama menjadi mahasiswa di FT Untan, maka tepat kiranya bila panitia menghadirkan sosok Baskoro di tengah-tengah Maba FT Untan dalam rangka membangun motivasi dan semangat Maba FT Untan 2017,” ujar Dekan FT Untan, Dr rer nat Ir RM Rustamaji MT, pada Kamis (31/8).

Dilanjutkannya, Baskoro merupakan alumni yang amat mencintai almamaternya. Hal ini ditunjukkan dengan komitmennya untuk menyediakan waktu dan hadir apabila diundang untuk berbagai kegiatan kampus di FT Untan, meskipun ia begitu sibuk dengan urusan pekerjaannya.

Baskoro pernah menjadi dosen luar biasa di FT Untan pada Tahun 1986 – 1988 dengan mengampu Mata Kuliah KALKULUS (Matematika Teknik).

Di penghujung acara Baskoro yang piawai berpantun memberikan hadiah pantun untuk adik-adik Mahasiswa Baru FT Untan 2017 sebagai penutup sesi dalam acara PKKMB 2017 di FT Untan yang sontak disambut dengan tepuk tangan para Maba FT Untan 2017. Sesaat kemudian Baskoro pun meninggalkan aula FT Untan karena sudah harus ke Bandara untuk terbang menuju ke Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *