Magang Di Jepang, Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNTAN Berikan Tips dan Triknya.

Magang Di Jepang, Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNTAN Berikan Tips dan Triknya.

Amirul Fattahilah dan Clara Victoria yang akrab disapa dengan amir dan Clara, dua orang mahasiswa program studi Teknik Lingkungan yang berhasil Mengikuti Program Internship Perusahaan Jepang yang diadakan oleh PT. Kankyo Mirai Kota Matsumoto Prefektur Nagano pada tanggal 20 Agustus s.d 20 Oktober 2019.

Tidak ada Persiapan Khusus yang dilakukan Oleh Amir dan Clara, mereka berucap hanya berbekal niat dan kegigihan saja untuk urusan dokumen dan lainnya sudah dibantu oleh perusahaan. Tentunya Pengalaman yang sangat berharga bisa magang di salah satu perusahaan ternama dan di luar negeri pula. Selama di Negeri Sakura, mereka di berikan pelatihan dasar bahasa Jepang dan dikenalkan dengan budaya Jepang. Tentunya akan timbul sebuah pertanyaan, Apakah sulit untuk Beradaptasi Disana?

Mereka pun menjawab, “Tidak begitu sulit untuk beradaptasi karena intruktur bahasa dan budaya jepang sangat ramah kebetulan sekali Salah Satu Instrukturnya orang Indonesia. Pada dasarnya Orang Jepang Juga sangat ramah kepada setiap orang yang berusaha untuk mempelajari Bahasa dan budaya disana”.

Dalam Keseharian di Jepang, Amir dan Clara tinggal di Apartement yang disiapkan oleh perusahaan. Terlihat di atas adalah foto Kunjungan Bapak Rektor Untan dan Bapak Dekan FT Untan di Apartement tempat tinggal Amir.

Kegiatan Magang yang dilakukan Oleh Amir dan Clara juga dipandu oleh instruktur – instruktur yang berpengalaman, tentunya transfer ilmu pun menjadi lebih mudah. Amir yang ditempatkan pada bidang Analisis Logam Berat sedangkan Clara pada bidang Analisis Fisik dan Kimia. “Kami dijelaskan setiap langkah dalam pekerjaannya dan semua harus sesuai dengan SOP yang berlaku di sana” Ucap Amir. Mereka juga mendapatkan Sertifikat bahwa pernah melakukan Magang di perusahaan tersebut, tentunya menjadi bekal yang penting untuk kedepannya.

Sesi Foto Bersama Pimpinan Perusahaan Kankyo Mirai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *