Workshop Penulisan Proposal Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Penelitian di Fakultas Teknik UNTAN

Workshop Penulisan Proposal Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Penelitian di Fakultas Teknik UNTAN

Fakuktas Teknik (FT)  Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar Workshop bertemakan “Pelatihan Penulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Penelitian Mahasiswa Fakultas Teknik Untan”. Kegiatan digelar guna mempersiapkan mahasiswa untuk mengajukan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kamis (7/11).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Ketua Panitia, Purwoharjono menjelaskan maksud dari tema yang diusung adalah ingin menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar terpacu dalam menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan yaitu penulisan Proposal.

“Langkah awal telah kami kerjakan dengan memasang iklan dan spanduk untuk menciptakan atmosfir dulu setelah itu kami giring mereka pada pembuatan proposal sehingga  sebelum proposal dilakukan kami harus memberikan pelatihan terlebih dahulu, ” ucapnya.

Ia berharap jumlah proposal PKM dapat bertambah khususnya dari mahasiswa Fakultas Teknik.

“Dengan diadakannya workshop ini,  jumlah proposal PKM khususnya untuk fakultas teknik itu bisa bertambah jumlahnya lebih banyak lagi dan kedepannya mempertahankan agar bisa lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), ” harapnya.

Materi Workshop bisa di Unduh di sini :Pengenalan PKM 2019

Ferry Hadary, selaku pemateri menyampaikan bahwa  di zaman 4.0 ini mahasiswa harus memiliki budaya literasi agar mampu menyesuaikan diri dengan zaman yang telah berubah ini.

“Bagaimana kalian mampu punya imun yang kuat untuk beradaptasi di zaman 4.0. Kalian harus punya budaya literasi. Tidak bisa tidak membaca, kalau bisa juga menulis. Karena tidak mungkin kita bisa menulis kalau tidak membaca.  Maka dari itu PKM penting,  dan mahasiswa harus mampu menulis untuk menyongsong zaman 4.0 itu,” pesannya kepada mahasiswa.

Terlihat Begitu antusias peserta Workshop yang terpacu semangatnya dengan mengajukan pertanyaan seputar tips dan trik dalam penulisan proposal PKM.

Tidak hanya dari sisi mahasiswa tetapi dari sisi pembimbing yaitu dosen pun turut serta dalam kegiatan workshop ini. Semoga kedepannya atmosfer yang dibangun bisa memacu dan menghidupkan semangat mahasiswa fakultas teknik, tidak hanya di skema PKM tetapi dapat menular di kegiatan yang lainnya.

 

Materi Workshop bisa di Unduh di sini : Materi Pengenalan PKM 2019

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *