Berita


UJI KOMPETENSI SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONSTRUKSI JENJANG 6 DALAM RANGKA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KALIMANTAN BARAT

2024-03-05

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BPD Gatensi Kalbar  bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjar masin, Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Fakultas Tekknik Universitas Panca Bhakti  melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Kerja (SKK) untuk Alumni. Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Dinas PUPR Prov. Kalbar, serta dihadiri Ketua BPD Gatensi Kalbar, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Teknik Untan, dan Dekan Fakultas Teknik UPB.

SKK merupakan legalisasi selain ijazah, sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang merupakan kompetensinya seorang ahli. 

Dr. Arif Bijaksana Putra Negara, S.T., M.T. (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Teknik Untan), memberikan sambutan, “Kegiatan sertifikasi memiliki peranan penting bagi alumni, sebab akan meningkatkan kompetensi dibidang konstruksi dan mampu bersaing dalam pelaksanaan kegiatan di industri jasa konstruksi." Ujarnya.

SKK sendiri memiliki standarisasi uji kompetensi dan sertifikat yang dikeluarkan diakui secara internasional. Sertifikasi tidak hanya untuk ahli, tetapi ada jenjang berbeda yang dapat dimiliki oleh para alumni Teknik Sipil untuk dapat berkerja diberbagai perusahaan nasional dan internasional.